Intip Yuk Strategi Komunikasi Brand Wardah Kosmetik!

Strategi Komunikasi Wardah Kosmetik
source: google
Halo Netpeople!
Untuk kamu para wanita pasti udah gak asing kan dengan produk Wardah. Mulai dari kosmetik kayak lipmatte, BB cake powder, eye shadow, eyeliner, dan berbagai skin care-nya. Harga yang relatif terjangkau, adanya logo halal, brand ambassador yang cantik dan terkenal, kayaknya semakin membuat wardah kosmetik digandrungi oleh para wanita.

Tapi siapa sangka sih? Wardah kosmetik bisa se-terkenal seperti sekarang dan memiliki penikmat tersendiri. Gimana sih caranya mereka menjual produknya? Gimana sih caranya mereka me-treat para calon pelanggannya? Dan strategi apa yang mereka gunakan yaa? Okeyyyy untuk menjawab itu semua, kali ini aku akan mengulas sebuah tulisan karya Chika Cintia Ayu tentang “Strategi Komunikasi Brand Wardah Kosmetik Dalam Memasarkan Produk Kosmetik Halal”

Strategi Komunikasi Wardah Kosmetik
source: google
Sebelumnya, kita bahas dulu yuk strategi itu apa sih? seperti yang kita tau, kalo dalam berperang saja kan kita butuh strategi, ya kan? Nah bisa kita artikan strategi ini adalah sebuah siasat untuk mencapai sebuah tujuan. Singkatnya, siasat yang paling efektif untuk mencapai sebuah tujuan. Itulah strategi. Terus kalo komunikasi itu apa dong? Nah kalo komunikasi itu adalah proses penyampaian pesan yang dilakukan oleh komunikator untuk komunikan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa strategi komunikasi adalah sebuah upaya perumusan/siasat untuk terjadinya komunikasi mulai dari rencana komunikasi (tahap perumusan), penerapan rencana komunikasi sehingga terjadinya hasil yang dituju (tahap implementasi) dan melihat hasil dari penerapan rencana komunikasi yang terkandung dalam (tahap evaluasi). Untuk mencapai sebuah tujuan, perlu adanya perencanaan yang terstruktur dan siasat yang digunakan untuk bisa tepat sasaran. Oleh karena itu, strategi komunikasi sangat penting pengelola bisnis lakukan agar bisnis yang dibangun dapat tersalurkan dengan baik untuk pelanggannya.
Oiya, Strategi komunikasi itu sangat bersinggungan dengan manajemen pemasaran. Dengan strategi komunikasi yang baik, akan menghasilkan output pemasaran yang oke juga.

Oke, kita masuk ke intinya ya!
Siapa yang tau slogan Wardah? Iya. Yang biasanya ada diiklan.
“Wardah??? Inspiring Beauty!”
Atau mungkin slogan ini. “Wardah??? Halal Dari Awal”

Hampir setiap commercial break di televisi, Wardah hadir dengan iklan yang menyodorkan slogan itu. Ditambah lagi dengan brand ambassador yang cantik rupawan dan sholehah seakan menjadi nilai plus untuk wardah dalam memasarkan brand kosmetik halal di Indonesia. Sebut saja, mulai dari Dewi Sandra, Raline Shah, hingga mualaf cantik dari negeri gingseng, Ayana yang menjadi brand ambassador Wardah Kosmetik. Melalui iklan, dapat menjadi sarana komunikasi yang efektif untuk Wardah dalam menyampaikan informasi tentang gambaran produk, jenis produk, manfaat dan keunggulan produknya. Tentunya, dikemas dengan iklan yang sesuai dengan visi dan misi Wardah Kosmetik.
Strategi Komunikasi Wardah Kosmetik
Dewi Sandra as Brand Ambassador Wardah Kosmetik
source: google

Strategi Komunikasi Wardah Kosmetik
All Brand Ambassador Wardah Kosmetik
source: google
Selain iklan, Wardah juga memiliki strategi dalam memasarkan produknya melalui media sosial seperti Instagram, Twitter, Youtube, dan Facebook. Wardah Kosmetik juga sangat mempertimbangkan era digital 4.0 dimana seluruh media sosial yang ada, dikembangkan dan dimanfaatkan. Dalam media sosial Instagramnya, tidak melulu tentang produknya. Tetapi, Wardah Kosmetik juga mengunggah berbagai kegiatan seperti talkshow, fashion show, review product, dan berbagai acara lainnya yang digelar untuk memperkenalkan dan membuktikan keseriusan Wardah Kosmetik dalam melayani wanita Indonesia.

Selain penjabaran di atas, ada 3 tahapan strategi yang dilakukan Wardah Kosmetik dalam memasarkan produk kosmetik halalnya, diantaranya :
1.      Perumusan Strategi
Seperti yang aku sebutkan di atas, perumusan strategi adalah konsep awal untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. Perumusan strategi ini sangat penting karena apabila dirancang dengan matang, akan membuahkan hasil yang positif. Apalagi di zaman sekarang, perkembangan dunia kosmetik semakin maju terlihat dengan kompetitor-kompetitor yang hebat dan unggul. Hal ini menjadi sebuah tantangan juga untuk Wardah Kosmetik bagaimana mereka bisa survive dan terus memiliki inovasi untuk berkembang.
Dalam Artikel ini, Wardah Kosmetik menekankan bahwa produk yang dijual boleh sama, tetapi pasti masing-masing kompetitor memiliki visi, misi dan prinsip yang berbeda. Seperti contohnya, Wardah Kosmetik memiliki 3 prinsip yang selalu mereka usung dalam setiap pemasarannya. 3 prinsip itu adalah Pure and Safe, Beauty Expert, dan Inspiring Beauty. Pure and safe dapat diartikan bahwa seluruh produk yang ditawarkan Wardah adalah produk yang aman, halal dan bebas dari bahan kimia. Wardah Kosmetik berkomitmen untuk mengedepankan kualitas untuk wanita Indonesia. Beauty Expert, target awal Wardah ialah para muslimah yang menginginkan tampil cantik dengan produk yang halal. Ternyata, target market yang dibidik lebih luas lagi yakni para wanita Indonesia dengan kecantikan mereka yang berbeda-beda dan khas. Prinsip terakhir adalah Inspiring Beauty, Wardah Kosmetik selalu meyakini adanya kecantikan yang menginspirasi. Wardah kosmetik berupaya untuk memunculkan karakter wanita Indonesia yang cantik dan santun sehingga dapat menginspirasi seluruh dunia.
Dengan ketiga prinsip yang kuat, maka komitmen Wardah Kosmetik untuk menjadi produk kosmetik halal dapat terrealisasikan dengan tepat. Ketiga prinsip tersebut menjadi strategi dalam merumuskan program-program yang akan dilakukan Wardah untuk mencapai tujuannya.

2.      Implementasi Strategi
Setelah menemukan apa yang menjadi strength dan merumuskannya. Tahap selanjutnya adalah take action. Dalam implementasi strategi, diperlukan konsistensi, kerja sama, dan komitmen antar pihak. Strategi jangka panjang yang dilakukan adalah berupaya mempertahankan kualitas sehingga label produk kosmetik halal hanya ada di Wardah. Bentuk implementasi yang dilakukan dalam menjalankan strategi komunikasi jangka pendek ialah promosi. Baik melalui media sosial, media elektronik dan media cetak. Buat kalian yang belum tau, dulu produk Wardah dipasarkan melalui door to door, seperti menawarkan langsung kepada jamaah saat ada kajian. Dan untuk sekarang, promosi yang dilakukan dengan iklan di media televisi, promosi di media sosial (Instagram, Facebook, Youtube, dan Twitter) serta media cetak (koran, brosur, dll.)

3.      Evaluasi strategi
Tahap berikutnya adalah mengukur keberhasilan dari strategi yang sudah dijalani. Evaluasi yang dilakoni Wardah ialah me-review dari hasil kegiatan yang ada. Terlihat dari respon masyarakat terhadap produk wardah, acara, maupun eksistensinya. Masyarakat sebagai konsumen juga sangat menentukan produk apakah yang akan dibuat, produk yang seperti apa yang diinginkan masyarakat dan lain sebagainya. Selain itu, Wardah Kosmetik juga gencar dalam membangun sumber daya manusia yang ada agar selalu memiliki inovasi dalam merancang strategi di masa mendatang. Seperti memberikan workshop dan beasiswa pada karyawan, pelajar, dan masyakarat Indonesia. Hal itu sebagai bentuk cinta kasih Wardah Kosmetik untuk menghasilkan masyarakat Indonesia yang berprestasi.


Strategi dipilih dan dibidik untuk mencapai hasil yang maksimal. 
Strategi yang baik ialah strategi yang dapat membawa seluruh elemen ke tujuan yang baik.


Apakah kamu pecinta Wardah Kosmetik?
Siapkah kamu mencontoh strategi yang dilakukan Wardah?
Komen yaa di bawah ini!😊


Aku saranin kamu buat baca lebih lengkap karya tulisnya kak Chika Cintia Ayu ini di (Website UIN Jakarta -> Klik University Directory -> Klik Institutional Repository)
atau linknya di bawah ini 

Komentar

Posting Komentar