[MITOS ATAU FAKTA] Dengan Sholat Bisa Sehat?

Dengan Sholat Bisa Sehat Nyulibrary
Source: google

Dalam berkembangnya ilmu pengetahuan, kesehatan spiritual tidak hanya jadi topik pembahasan yang melulu milik ahli agama. Namun, kesehatan spiritual juga dibahas dalam konteks yang lebih umum seperti dalam kajian psikologis oleh psikiater dan kedokteran. Pemisahan antara ilmu pengetahuan (dalam kajian ini adalah ilmu jiwa/spiritual) dengan agama tidak lagi berlaku. Justru, semakin berkembang untuk diintegrasikan satu sama lain. Mengutip sebuah kalimat “Ilmu pengetahuan tanpa agama bak orang cacat, dan agama tanpa ilmu pengetahuan bak orang lumpuh”. Ya, begitulah adanya. Ilmu pengetahuan adalah cara manusia memperoleh sebuah kebenaran dan Agama (kitab suci) diturunkan dengan segala kebenaranNya sesuai dengan petunjuk yang diberi oleh Allah untuk umatNya.

Dalam artikel yang berjudul “Kesehatan Spiritual dan Ibadah Sholat Dalam Perspektif Ilmu dan Teknologi Kedokteran” karya Ahmad Azwar Habibi dan Artiani Hasbi secara rinci akan menjelaskan tentang kesehatan spiritualitas, pengukuran spiritualitas, dan salah satu bentuk spiritualitas yang dikaji adalah Ibadah Sholat. Terdapat dua bagian yang patut disimak yakni bagian pertama adalah apa itu kesehatan spiritual? Dan yang kedua adalah bagaimana ibadah sholat dalam bingkai perspektif ilmu kedokteran dan kesehatan.

Dengan Sholat Bisa Sehat Nyulibrary
Source: google

Saya akan meringkas sedikit tentang isi yang terkandung dalam artikel di atas. Mari kita simak!
Menurut kamu, yang dikatakan sehat itu mencakup apa saja sih? Iya, pasti yang terbesit dalam fikiran kita pertama kali adalah sehat itu ketika fisik kita fit dan tidak sakit. Tetapi perlu digarisbawahi Sehat tidak hanya fisik saja, namun juga sehat secara mental, sehat secara spiritual, sehat secara sosial sehingga memungkinkan setiap orang untuk beraktifitas secara produktif.”

Dengan Sholat Bisa Sehat Nyulibrary
Source: google

Dalam islam, banyak kegiatan spiritual yang dilakukan. Sebagai contoh, sholat wajib 5 waktu, berdzikir, berpuasa, zakat dan lain sebagainya. Tetapi kali ini yang akan saya bahas adalah tentang ibadah sholat. Kamu pasti pernah mendengar bahwa sholat itu adalah tiang agama. Sholat adalah sebuah pondasi umat islam untuk meraih kemenangan yang haqiqi. Sebelum sholat, kita harus memastikan bahwa kita telah suci dari najis. Untuk itu, kita melakukan ritual wudhu sebelum sholat. Dalam wudhu tidak hanya membersihkan diri dari najis, tetapi juga membersihkan dari segala kotoran, debu, dan kuman yang menempel di kulit manusia. Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari akan sangat mungkin menimbulkan banyak debu dan kotoran yang tidak terlihat dipori-pori kulit kita. Jika pori-pori kulit kita tertutup dengan kotoran, maka keringat atau minyak tidak akan keluar secara benar. Seperti dalam dunia kesehatan katakan bahwa pori-pori kulit juga sebagai perangkat pernafasan. Meskipun dampaknya kecil, pori-pori kulit juga dapat menghisap oksigen dan mengeluarkan karbondioksida.

Selain itu, dalam kegiatan berwudhu juga terdapat refleksiologi. Karena dengan adanya pemijatan dan penggosokan di bagian tubuh tertentu. Sebagai contoh, pemijatan dan penggosokan di daerah sela-sela jari tangan dan kaki. Pemijatan di daerah tersebut dapat meredakan sakit dan nyeri karena pada titik itu dapat mengeluarkan endhorpin. Selain di daerah tersebut, saat kita membasuh telinga juga dapat memberikan efek refleksi yang sangat terasa. Bahkan dalam dunia akupuntur, memijat telinga sama efeknya seperti memijat seluruh badan. Pijatan di daerah-daerah tersebut juga dapat memberikan rasa tenang, rileks, nyaman, dan lepas dari tekanan.

Sampai sini, apa kamu menemukan jawabannya ?

Baiklah saya akan jabarkan sedikit lagi ya, sebagai umat muslim pasti tau kan waktu sholat itu kapan saja? Dari penelitian membuktikan bahwa waktu-waktu sholat adalah waktu yang paling sempurna untuk fisik manusia bekerja dan beraktifitas. Sebagai contoh, saat sholat shubuh dilakukan, gerakan sholat shubuh dapat menjadikan sarana untuk mencairkan endapan lemak yang ada di tubuh saat setelah sekian lama kita tidur. Dan gerakan sholat yang kita lakukan ternyata juga dapat menyebabkan tulang dan persendian bergerak secara rutin. Dengan kata lain, saat kita sholat, maka kita sedang meregenerasikan tulang dan persendian kita agar tidak keropos dan rapuh. Berikut adalah sendi yang berperan dalam gerakan sholat yang diutarakan dalam dunia kesehatan :

Gerakan Sholat
Sendi yang berperan
Mengangkat Tangan
Sendi bahu, sendi siku, sendi telapak tangan,
Rukuk
Ruas tulang punggung, sendi paha, sendi siku, sendi pergelangan tangan
Bangun dari Rukuk dan berdiri
Ruas tulang punggung, sendi lutut, sendi pergelangan kaki
Sujud
Ruas tulang punggung, sendi paha, sendi lutut, sendi siku, sendi pergelangan tangan, sendi pergelangan kaki
Salam
Sendi leher

Dengan Sholat Bisa Sehat Nyulibrary
Source: google

Nah, gimana? Sekarang udah tau kan bahwa Ibadah Sholat dapat memberikan dampak kesehatan bagi manusia. Baik sehat secara fisik, spiritual, dan juga mental. Sebenarnya masih banyak lagi bukti-bukti secara kongkrit tentang ibadah sholat yang dikaji dalam perspektif dunia kedokteran dan kesehatan. Untuk kalian yang ingin tahu lebih rinci silahkan kunjungi Repository UIN Jakarta dengan kata kunci "Kesehatan Spiritual dan Ibadah Sholat Dalam Perspektif Ilmu dan Teknologi Kedokteran" atau Klik Disini Untuk Artikel Lengkapnya

Kalau kamu masih gak percaya, yaudah sholat yuk biar membuktikan sendiri πŸ˜„
Semoga bermanfaat! Jangan lupa share ke teman-teman kamu ya! 😍😊

Komentar

  1. Good article, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan

    BalasHapus
  2. MasyaAllah masa sii yaa ? Yaallah baru tauuu. Makasih banyaakk yaa. Artikelnya bermanfaat bangett :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalo bermanfaat, makasih Tia<3

      Hapus
  3. Ya Allah baru tau ternyata banyak banget manfaatnya. Makasih yaa informasi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Alhamdulillah jika bermanfaat :)

      Hapus
  4. Wah Alhamdulillah pengetahuan baru nih, terimakasih artikelnya sangat bermanfaat, syukron ^_^)<3

    BalasHapus
  5. Mantep banget artikelnya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  6. Bermanfaat banget artikel, buat pengetahuanku nambah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih Miftachul Ulumiah :)

      Hapus
  7. Artikelnya sangat bermanfaat,,Alahmdulillah

    BalasHapus
  8. Sangat bermanfaat, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sama-sama ya Miftahul Haq Nur Azizah :)

      Hapus
  9. Informasi yg sangat bermanfaat terurama buat saya yg baru tau soal ini terima kasih atas infonya ya

    BalasHapus
  10. Tulisan yang bermanfaat, semoga kedepannya makin memberi manfaat. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, terimakasih kak Luthfi :)

      Hapus
  11. Masyallah.. Postingan ini nambah pengetahuan aku banget. Alhamdulillah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, terimakasih sudah visit ya Fifi :)

      Hapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Artikelnya mengedukasi banget. Bener banget kalau sholat itu bagus jadi salah satu opsi terapi kita. Dengan sholat fisik menjadi lebih sehat dan hati menjadi tenang. Good job nu!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betuuull sekali, aku setuju juga sama kakak. Makasih kak Lita sudah visit blog aku 😁

      Hapus
  14. Betul, mau aku imamin gak sholatnya hehe😁 Tetap bermanfaat bagi sekitar ya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uhuk, boleh mas boleh πŸ˜‚ aamiin. Makasih mas Reza 😊

      Hapus

Posting Komentar