Ikuti kisah Destia (Mahasiswa Penerima Beasiswa Monbukagakusho) sekaligus Liat Perpustakaan di Jepang Yuk!


Pernah gak sih kamu bermimpi kuliah di luar negeri?
Apalagi kalo kuliahnya dibayarin! Alias gratis tis tis tis....
Wah kayaknya jadi impian semua orang, tak terkecuali kamu ya!
Nah, pada konten kali ini aku akan menghadirkan teman ku yang akan berbagi kisah pengalamannya saat kuliah di luar negeri, yakni ke negeri sakura!

Penasaran? Yuk Simak!

Apa sih yang terbesit dipikiran kamu saat mendengar negara Jepang?
Kalo aku sih, negara Jepang itu identik dengan  masyarakatnya yang disiplin, menghargai waktu, bekerja keras, negara yang sibuk dan sistem pendidikannya yang menjadi panutan. Banyak banget sejarah kelam antara Indonesia – Jepang, ya kan? Tetapi, dengan globalisasi dan juga politik serta hubungan internasional yang semakin erat antara Indonesia – Jepang, tak heran jika kedua negara ini memiliki banyak program bilateral yang tujuannya untuk menjalin kerja sama dan hubungan yang baik. Program yang ada salah satunya adalah program beasiswa dan pertukaran pelajar, baik dari Indonesia ke Jepang ataupun sebaliknya.

Berikut interview aku dengan salah satu penerima beasiswa Monbuka Gakusho 2018 (MEXT), yaitu Destia Nurul.

 

Halo Kak Destia, lagi ikut program beasiswa apa nih di Jepang? kuliah S1 atau student exchange kah?

“Halooo, sekarang aku lagi student exchange di Universitas Tottori, Jepang. jadi aku sebenernya mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Jepang di UHAMKA, nah prodi aku ini ada kerja sama dengan  kampus di Jepang (daerah Tottori). Dan tiap 2 tahun sekali kampusku kirimin satu mahasiswa buat kuliah di Tottori University selama satu tahun. Nama programnya itu Monbuka gakusho (MEXT). Program beasiswa dari pemerintah Jepang gitu buat seluruh orang di dunia yg mau kuliah di Jepang.”

Wow, Monbukagakusho itu program beasiswa yang kayak gimana sih ?

“Jadi, program Monbukagakusho ini ada banyak jenisnya. Kalo aku ini yang jenis Japanese Studies. Japanese Studies tuh buat mahasiswa-mahasiswi jurusan bahasa/sastra Jepang di negera asalnya dan  beasiswa ini kasih kesempatan buat mahasiswa-mahasiswi tersebut untuk mendalami hal-hal tentang Jepang, baik bahasa, kehidupan ataupun budaya di Jepang nya langsung.”

Gimana sih Proses Penerimaan Beasiswa Monbukagakusho ?

“Proses penerimaan beasiswa Monbukagakusho kalo lewat jalur umum itu lumayan ribet. Ditambah lagi, saingannya lebih banyak karena lawannya se Indonesia. tapi karena kampus aku udah ada kerja sama, sama Tottori University, jadi saingan aku cuma temen-temen aku di UHAMKA aja.”

Apa aja sih yang kamu dapat dalam beasiswa Monbukagakusho?

“Benefitnya? banyak bgt! aku dapet uang saku per bulannya dari kampus yang cukup banget buat biaya hidup di sini. trus tiket pesawat pulang-pergi, visa, semuanya gratis alias udah ditanggung sama beasiswa ini. terus disediain asrama kampus yang jauh lebih murah dibanding apartment di Jepang.”

Persyaratan untuk lolos beasiswa ini apa aja sih?

“Syaratnya lolos beasiswa ini kalo di uhamka minimal harus punya sertifikat JLPT 4 (semacam toefl tapi versi bahasa Jepang). Terus ada dua tes. Yaitu tes tertulis sama tes wawancara. sebelum tes tertulis tuh kan ada 10 kandidat mahasiswa lain termasuk aku, itu juga yang milih dosen dan kepala prodi berdasarkan IPK. Dengan IPK minimal 3,5. Soal-soal buat tes tertulisnya itu disediain sama dosen-dosen aku, nah 3 orang yang dapet nilai terbaik dari tes tertulis itu bakal lolos ke tahap tes wawancara. Oiya, tes wawancaranya langsung sama professor dari Jepang yang sekarang jadi dosen pembimbing aku sampe akhir. Kalo mau tau lebih lanjut persyaratan yang dibutuhkan, silakan cek website resmi mereka disini https://www.id.emb-japan.go.jp/sch_js.html

Ceritain sedikit dong kak tentang proses wawancaranya!

“Jadi pas wawancara itu ditanya banyak dan macem-macem hal deh. Contohnya kayak ditanya hal pribadi gitu, kayak orang setuju gak kalo kamu dapat beasiswa ini? Terus ditanya juga prospek kedepan mau ngapain? Pas di Jepang mau ngapain? Terus juga ditanya tentang alasan kenapa mau belajar bahasa Jepang. Oiya, wawancaranya itu pakai bahasa Jepang ya bukan pakai bahasa inggris apalagi bahasa Indonesia. Hehehe”

Coba kasih rate dari 1-10 untuk tingkat kesulitan saat tahap wawancara?

“Yaaa 8/10 lah mungkin hehe”

Lalu, setelah kak Destia menerima beasiswa ini dan belajar di Jepang. Ada gak hal yang berbeda dari sistem pendidikan antara Jepang dan Indonesia? Khususnya di Universitas Tottori?

“Ada dong bedanya hahaha. Pertama, masalah waktu dulu ya, di sini bener-bener ga main-main kalo masalah waktu. Dosennya tuh udah sampe di kelas 10 menit sebelum jam belajar mulai. Nanti kalo udah bel, baru pelajaran dimulai. Begitu juga sama mahasiswanya. Semuanya tepat waktu. Terus kalo di sini, nggak ada yang namanya dosen mendadak nggak masuk karena ada urusan keluarga atau sakit. Di awal pertemuan tuh udah dikasih jadwal kalo misalnya dosennya emang gak bisa hadir karena ada keperluan, jadi dikasih taunya di awal pertemuan, bukan mendadak. Kalo sakitpun selagi masih bisa masuk, bakalan tetep masuk.

Terus untuk sistem belajarnya kalo di sini lebih mengasah pemikiran mahasiswa sih. jadi bukan melulu tentang benar atau salah. Sensei (guru) di sini nggak pernah salahin pendapat mahasiswa. Setiap ditanya, mahasiswa aktif jawab dan jawaban mahasiswa gak pernah ada yang disalahin, paling dikoreksi aja. Kaya misalnya "yang bagian ini udah bener, tapi lebih bagus kalo......" Kayak gitu.
Dan di sini juga UTSnya bukan berupa soal, tapi buat rangkuman dari apa yang udah dipelajarin. Itu juga ga semua mata kuliah ada UTS, tergantung matkul dan dosen aja. Paling kalo nggak UTS tuh ya persentasi atau nggak bikin laporan. Di sini lebih mengasah buat mahasiswa paham pelajaran, bukan menghafal pelajaran. kalo menurut aku sih ya hahaha”

Terus, tantangan selama kuliah di Jepang apa aja sih?

“Apa yaa... hmm mungkin adaptasi kali ya. adaptasi sama lingkungan dari mulai cuaca budaya, trus adaptasi sama orang-orang di sini yang budayanya beda sama kita.  Awal dateng ke sini bener-bener susah banget sih. Bahkan aku juga sering banget nangis.....huhu. Karena ya itu tadi, pas aku dateng, tiap mata kuliah itu kan pasti pake kanji dan aku gak tau sama sekali kanjinya apa. Diawal aku juga kesulitan mengerti dosen ngomong apa karena saking cepet spellingnya.
Jadi tantangannya, aku harus cepet paham sama apa yang dosen aku sampein di kelas. Aku bahkan ngerekam dosenku selama pembelajaran, terus nanti di asrama aku ulang lagi pelajaran di kampus. Kalo ada kanji yg gak aku tau, aku tandain dan cari artinya. itu sih tantangannya.
Oiya, kita tuh juga harus pinter-pinter bergaul di sini.... kalo nggak, yaa gak mungkin dapet temen. Dan lagi sih, tentang percaya diri. Jadi karena waktu awal dateng ke sini belum terbiasa sama speed ngomongnya orang Jepang, aku juga masih ga pede ngomong bahasa jepang. Tapi sensei (guru) aku tuh ngeyakinin kalo aku pasti bisa, sensei (guru) di sini gak pernah nyalahin aku kalo aku salah ngomong dari grammar, kosa kata dll. pas awal aku dateng ada sensei yang bilang gini "Gapapa, kamu kan baru di sini, jadi wajar aja kalo blm terbiasa. nanti lama2 juga kebiasa kok. semangat ya belajarnya!" huhuhu terharu. pokoknya kalo kalian di sini tuh ngomong bahasa jepang yang sederhana sedikitpun pasti dihargai deh.”

Kalau dari fasilitas perpustakaan, di Universitas Tottori perpustakaannya kayak apa sih?

“Untuk perpustakaannya basic sih ada dua lantai. Lantai bawah tuh kalo kamu mau nge-print atau fotokopi bisa di perpustakaan, tapi fotokopi dan print sendiri ya, gaada abang-abang fotokopian hehehe. Untuk fotokopi setiap mahasiswa bayarnya pakai KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Jadi kalo di Jepang tuh KTMnya multifungsi, bisa buat bayar fotokopi, makan di kantin, belanja di koperasi dan lain-lain.
Emm di lantai bawah tuh ada ruang sirkulasi, ruang koleksi, ruang audio visual dan ruang belajar / diskusi. Perpustakaan disini buka dari jam 9 pagi sampe jam 11 malem. Untuk masuk ke Perpustakaan Universitas Tottori itu butuh KTM, jadi khusus untuk mahasiswa aja. Caranya kayak tap kartu di kereta gitu.”

Ada lagi gak hal yang menarik dari fasilitas di Perpustakaan Universitas Tottori?

“Oiya ada! Jadi di setiap gedung fakultas tuh disediakan buanyaakkkkk ruangan macem lab gitu setiap lantainya, ruangnya multifungsi bisa abuat belajar, diskusi kelompok atau bahkan sekedar baca-baca buku bisa. Jadi mahasiswa nggak harus ke perpus kalo mau belajar. Soalnya intensitas belajar di negara Jepang tuh rada tinggi, jadi perlu juga ruangan kayak gini buat antisipasi kalo perpustakaan yang membludak.”

Bagi satu pesan dong dari kak Destia buat para pembaca biar makin semangat untuk meraih cita-citanya?

“Apa yaaa, emmm aku emang punya mimpi buat ke Jepang dari awal kuliah dulu. Tapi karena aku anaknya kurang ambisius, nggak sampe cari-cari informasi beasiswa gitu hehe pokoknya terima takdir banget anaknya. Tapi satu prinsip aku, aku suka belajar hal baru, ilmu baru, dan ilmu yang aku pelajari harus bisa bermanfaat bagi orang banyak. Menurut aku, bukan masalah pinteran siapa, tapi tentang lebih ke apakah ilmu yang aku punya bermanfaat untuk orang lain juga gak sih? dan satu hal lagi, Attitude juga harus diperhatiin ya, karena dosen dan penguju juga bakalan nilai dari segi attitude, jadi bukan mereka yang pinter di bidang akademik aja tapi juga tentang kepribadian dan sosialnya diperhatiin. Semangat terus pokoknya!”



Teruslah merasa 'kurang', sehingga kamu akan selalu berkembang.


--------  
Bonus :
Perpustakaan Universitas Tottori
Fakultas Regional Science Universitas Tottori, Jepang

Perpustakaan Universitas Tottori
Destia saat mengikuti Pameran Internasional
Acara ini memperkenalkan budaya dan makanan khas dari negara masing-masing.
Perpustakaan Universitas Tottori
Fukuzoku atau biasa disebut Central Library (中央図書館)
Perpustakaan Universitas Tottori
Saat Destia mengikuti fashion show
di Acara International Party dengan Mahasiswa Internasional Lainnya

Perpustakaan Universitas Tottori
Language Room
Tempat mahasiswa Internasional berkumpul, istirahat & diskusi.
Perpustakaan Universitas Tottori
Destia saat mengenakan jilbab pada teman Jepangnya. Seru ya!

Perpustakaan Universitas Tottori
Pintu Masuk Perpustakaan Universitas Tottori

Perpustakaan Universitas Tottori
Ruang Audio Visual

Perpustakaan Universitas Tottori
International Party. Yuhuuuu!



Komentar

  1. kapan ya aku ditakdirkan kesini🤧

    BalasHapus
  2. Kapan yah saya bisa jdi org yg rajin ke perpus dn mmbaca bnyak buku😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa! :) terimakasih sudah membaca <3 :)

      Hapus
  3. Semoga bisa dapet beasiswa ke jepang

    BalasHapus
  4. Semoga bisa nyusul ke luar negeri, aamiin

    BalasHapus
  5. DIJAMIN mencapai IELTS 7.5 / TOEFL PBT 600 / TOEFL IBT 100 dalam waktu 5 - 12 bulan dan beasiswa ke luar negeri.
    Untuk coba gratis hubungi 081315656108

    BalasHapus

Posting Komentar