Ikut aku ke Perpustakaan yang Instagram-able ini, yuk!

Perpustakaan Bank Indonesia – Perpustakaan ini hadir untuk mendukung kegiatan penyebaran informasi dan pengetahuan tentang Bank Indonesia. Perpustakaan ini memiliki berbagai koleksi, layanan, fasilitas dan infrastruktur yang lengkap untuk semua pemustakanya. Perpustakaan Bank Indonesia juga friendly access loh buat semua masyarakat. Untuk masuk ke perpustakaan ini, bersifat gratis ya kawan-kawan, tanpa dipungut biaya sepeser-pun! 👌

Perpustakaan Bank Indonesia

Nah kali ini aku akan bercerita mengenai Perpustakaan Bank Indonesia khususnya dalam segi layanan dan fasilitasnya. simak yuk!😊

Perpustakaan Bank Indonesia

Pertama kali aku memasuki gedung Bank Indonesia itu terkesan sulit dan penuh perjuangan. Gimana enggak? untuk masuk ke gedung Bank Indonesia harus melalui pengamanan yang sangat ketat dulu loh seperti membawa jaminan kartu identitas resmi, seperti KTP atau KTM.

Tetapi, setelah aku mulai masuk ke gedung Perpustakaan Bank Indonesia, kepuasan akan pemandangan yang sangat unik, tata letak buku dan preposisi gaya mebel yang modern dengan segala pernak-perniknya seakan memanjakan mata dan nyaman sekali untuk pemustaka. Perpustakaan Bank Indonesia memiliki 2 gedung perpustakaan yang letaknya bersampingan. Perpustakaan yang isinya koleksi umum dan perpustakaan yang isinya koleksi berupa referensi atau biasa disebut sebagai perpustakaan khusus untuk penelitian.

Mula-mula aku mendatangi perpustakaan yang isinya khusus untuk penelitian, terlihat ada satu pustakawan yang berada di meja sirkulasi. Dengan sapaan hangat, pustakawan tersebut menyarankan terlebih dahulu untuk mengisi daftar tamu. Setelah itu, aku menanyakan pertanyaan-pertanyaan mengenai layanan apa saja yang ada di Perpustakan Bank Indonesia. Dan tidak disangka-sangka, pustakawan yang ada di sana menjawabnya dengan ramah dan penuh senyuman. Pustakawan yang berada disana juga menawarkan jika ingin menanyakan perihal koleksi referensi untuk penelitian dapat ditanyakan di sini juga, terlihat Pustakawan tersebut sangat siap untuk melayani pertanyaan-pertanyaan lebih lanjut dari aku hehehe.

Perpustakaan Bank Indonesia
Ruang Baca dan Diskusi
Kemudian, aku mencoba mengeksplore lebih dalam lagi mengenai layanan pemustaka di Perpustakaan Bank Indonesia, baik perpustakaan koleksi umumnya maupun di perpustakaan khusus untuk penelitiannya. Tidak jauh beda dalam segi layanan dan fasilitasnya, hanya berbeda dari segi koleksinya saja. Terdapat beberapa layanan yang tersedia dikeduanya. Yaitu seperti layanan internet yang terbuka untuk pemustaka, baik pemustaka umum maupun pegawai. Kemudian layanan user education berupa leaflet yang sangat kreatif dan rapi tertata di meja pembaca. Di dalam leafletnya ada jam buka dan tutup perpustakaan, tata tertib perpustakaan, media sosial yang tersedia, fasilitas yang ada di sana seperti layanan internet, fotokopi, komputer, book drop, book delivery, water dispenser untuk pemustaka dan lain sebagainya.

Perpustakaan Bank Indonesia
Book Delivery di Perpustakaan Bank Indonesia

Perpustakaan Bank Indonesia
Ruang Baca dengan view menarik!
Tentunya layanan user education ini juga berupa pengenalan Perpustakaan Bank Indonesia yang sudah disampaikan oleh pustakawan di meja sirkulasi. Lalu ada juga layanan referensi berupa koleksi referensi dan pustakawan dalam bidang referensi yang siap sedia untuk menjawab pertanyaan penulis. Tak lupa juga tersedia layanan penulusuran menggunakan Online Public Access Catalog (OPAC). Di perpustakaan ini juga terdapat layanan koleksi multimedia seperti slide, film, kaset audio, kaset video dan masih banyak lagi. Untuk menunjang semua itu, disediakan pula komputer yang lumayanan banyak dan ada ruang meeting yang dilengkapi dengan proyektor untuk memanfaatkan koleksi multimedia. Selanjutnya, untuk pemustaka yang ingin memperbanyak bahan bacaan, di Perpustakaan Bank Indonesia ini juga terdapat layanan fotokopi yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka secara gratis namun tetap terbatas sesuai kebijakan yang ada.

Perpustakaan Bank Indonesia
Layanan Fotokopi
Perpustakaan Bank Indonesia


Selain itu, hal yang sangat baik untuk dicontoh perpustakaan-perpustakaan lain diluar sana yakni tentang desain serta tata ruang Perpustakaan Bank Indonesia sangat Instagram-able! Dengan pemilihan warna yang cerah, seperti kuning, biru, dan hijau dipadukan dengan warna kayu seakan-akan membuat mata pemustaka terpana melihatnya. Ditambah lagi dengan adanya furniture yang ciamik, sofa yang empuk, lampu-lampu hias yang bagus, rak yang minimalis. Wah pokoknya, membuat pemustaka menjadi betah deh berlama-lama di perpustakaan ini.

Perpustakaan Bank Indonesia
Instagram-able kan?
Perpustakaan Bank Indonesia
Hmm... Nyaman nya!! Melebihi doi nih hehe
Hal terakhir yang membuat aku terheran adalah, pada hakikatnya untuk mengunjungi Bank Indonesia sangat membutuhkan prosedural yang cukup rumit. Seperti memberikan jaminan kartu identitas dan terkesan hanya orang-orang yang sudah 17 tahun saja yang dapat berkunjung kemari. Apalagi untuk menikmati perpustakaan yang indah dipandang mata ini, seakan hanya untuk peneliti, pegawai dan pencari informasi. Akan tetapi itu semua pola pikir yang salah, karena ternyata Perpustakaan Bank Indonesia juga benar-benar friendly access dengan pembuktian bahwa mereka juga menyediakan layanan pojok anak. Di mana layanan tersebut khusus disediakan untuk anak-anak, karena terdapat koleksi anak-anak, permainan edukasi yang dapat mengasah anak, televisi dan juga ruangan didesain berwarna cerah dan terkesan ceria yang dapat membuat si anak menjadi betah berlama-lama.

Perpustakaan Bank Indonesia
Ruang Baca Anak
Menurut pandangan aku sendiri, dalam kunjungan pertama ini merupakan kunjungan yang sangat berkesan karena dari segi dekorasi pelayanan, dan fasilitas, Perpustakaan Bank Indonesia juaranya👍👍 

Buat kamu yang penasaran, silahkan aja intip dulu informasi tentang  layanan, fasilitas, dan koleksi yang ada di Perpustakaan Bank Indonesia Klik Disini Ya! 👈

Komentar

  1. Manteb nih buat referensi dan juga iseng berkunjung ( kan instagramable katanya ) thanks for sharing!

    BalasHapus
  2. Makasi infonya, jadi penasaran dengan bank indonesia

    BalasHapus
  3. Kereeenn recommeded bgt kyanya bkal lbih betah lama2 dstu deh 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy iya dong hehe, silahkan kapan-kapan berkunjung ya :)

      Hapus
  4. Kereeeen!!! semoga semakin menarik minat orang-orang untuk datang ke perpustakaan. Yayy

    BalasHapus
  5. Keren, jadi pengen kesana 😀

    BalasHapus
  6. Waahh ternyata baguss yaa, informatif bgt nih! Thanks ya, kapan2 mau coba ke sana

    BalasHapus
  7. pas banget buat akuh yang doyan selfie hehee

    BalasHapus

Posting Komentar