5 Tips Mudah Menjadi Penyiar Radio


Tips Mudah Menjadi Penyiar Radio

Walaupun era Internet semakin maju, kehadiran radio ternyata masih menjadi primadona bagi masyrakat. Begitupun profesi penyiar radio yang menjadi salah satu profesi impian bagi banyak orang terutama para generasi muda. Citra penyiar radio yang kekinian, asik, dan gaul, dapat menjadi alasan mengapa banyak orang yang ingin menjadi penyiar radio.
Selain mendapatkan materi, relasi yang luas, seorang penyiar radio juga memiliki popularitas yang tak kalah dengan artis. Banyak pula artis yang mengawali karirnya dengan menjadi penyiar radio terlebih dahulu. Contohnya: Danang Darto (Sekarang di The Comment NET TV), Indy Barends, Ringgo Agus Rahman, Fitri Tropica, Sarah Sechan dan masih banyak lagi nama-nama terkenal lainnya.....

Sekarang, apakah kamu jadi salah satunya?
Simak yuk 5 tips menjadi penyiar radio di bawah ini!

1.      The first step is CONFIDENCE

Wah, kedengaran klasik dan kurang spesifik bukan? Iya memang percaya diri itu dibutuhkan dalam segala bidang yang akan kamu kerjakan. Tapi, penting banget nih buat kamu sebagai penyiar untuk percaya diri. Walaupun wajah kamu emang gak keliatan sama pendengar. Namun ingat, percaya diri bisa mempengaruhi suara kamu. Karena beda loh rasanya ketika berbicara sendiri  (Off Air) dengan berbicara On Air diatas mic. Bisa jadi saat kamu kurang PD, suara kamu bisa terdengar gemetar, ragu-ragu, malu, kaku, bahkan bisa jadi salah ucap. Hal ini gak boleh kamu skip kalo kamu mau jadi penyiar radio. Pupuk rasa PD kamu dengan banyak-banyak latihan, latih mengontrol emosi dan gugup. Anggap diri kamu sedang berbicara dengan teman. Biasanya pikiran akan kembali relax, dan tingkat kepercayaan diri kamu jadi meningkat.

2.      Setelah Percaya Diri, Perbarui Informasimu!

Ketika rasa percaya diri kamu sudah meningkat, eh pas membawakan satu berita kamu tidak tahu apapun tentang berita tersebut!!! Parah!! Itu bisa jadi bumerang buat kamu. Penyiar radio itu dipandang sebagai seseorang yang mengetahui segala informasi baik seputar musik atau informasi lainnya yang sedang happening. Kamu harus rajin-rajin searching ya guys. Bekali diri kamu dengan informasi terbaru. Ibaratnya, Penyiar Radio adalah orang yang selangkah lebih tau duluan daripada si pendengar. Dengan kamu update, kamu bisa membawa suasana dengan obrolan yang gak ada habisnya untuk pendengar.

3.      L A T I H A N

Gak kalah penting dari dua point diatas. Karena kamu ‘menjual’ suara kamu. Maka penting banget buat latihan artikulasi, vokal AIUEO, latihan untuk mengatur nada dan tempo suara kamu sehingga kedengeran enak oleh pendengar. Sama kaya penyanyi, penyiar radio juga harus mengatur nafasnya supaya kedengaran pas dan tidak terengah-engah. Tipsnya dari aku, sebelum On Air, kamu biasakan 5-10 menit latih vokal kamu dengan cara membaca script dengan membuka mulut kamu lebar-lebar. Contohnya, ketika mengucapkan “Melalui”, buka mulut kamu dan mulai ucapkan “Me-La-Lui” secara jelas. Terus diselingi juga dengan latihan vokal AIUEO, BABIBUBEBO, dll. Gimana? Ngerti kan? Kemudian, untuk mengatur nafas kamu, kamu harus luangin waktu kamu ya untuk olahraga yang cukup, minum air mineral sebelum siaran, dan tidur yang cukup. Itu membantu banget buat mengatur nafas dan suara kamu.

4.      BE A GOOD LISTENER AND BE A GOOD FRIEND
Seorang penyiar itu harus menjalin komunikasi yang baik dengan pendengar. Ketika ada pendengar yang berinteraksi menggunakan telepon saat On Air, kamu harus mendengarkannya dengan baik. Ketika pendengar memutuskan untuk bercerita denganmu, berbagi kisahnya, padahal secara face to face kamu bahkan belum kenal dengannya, itu artinya kamu dapat menjadi seorang teman untuk pendengarmu.
Kalo kata DUO BUJANG Prambors, “penyiar radio itu temen yang bisa diajak kemana-mana, bahkan ke kamar mandi pun dia ikut hehehe. Hayo siapa yang sering dengerin radio pas di kamar mandi?” 
Intinya, jadilah seorang teman dan pendengar yang baik untuk pendengarmu. Kamu juga harus peka akan suasana dan situasi. Kamu juga harus memiliki spontanitas yang baik ketika ada pendengarmu yang berbicara diluar ekspektasimu. Dan jangan lupa juga, kamu harus selalu menjaga emosi dan mood mu. Jangan sampai gara-gara moodmu yang hancur, semua orang termasuk pendengarmu menjadi salah satu korbannya. Be Professional Guys! 😊

5.      Terakhir, tentukan ciri khasmu!

Penting banget nih buat kamu. Kamu harus menentukan gaya siaran kamu mau kayak apa ya, hal ini bisa tergantung dengan program acaramu, segmentasi pendengar dan lain sebagainya. Kamu harus bisa membuat ciri khasmu sendiri, jadi ketika pendengar mendengar siaranmu, mereka langsung tau dengan cepat kalo itu kamu. Biasanya untuk penyiar laki-laki banyak yang memiliki suara bercirikhas berat, sehingga kedengaran seksi. Begitupun sebaliknya, banyak penyiar wanita yang memiliki ciri khas manja, semangat, suara yang serak-serak basah bahkan cadelpun menjadi suatu ciri khas lohhhh! suara yang bagus itu akan kalah dengan suara yang berciri khas.
Apa kalian tau Desta & Ghina In The Morning? Desta dengan suara falsnya dan Ghina dengan suara cemprengnya? Itu jadi salah satu buktinya bahwa karakter dan ciri khaslah yang dapat menarik pendengar. Pokoknya, tentukan ciri khas gaya siaranmu dan tetap jadi diri kamu sendiri yaa!


Yuuuups, itu dia 5 tips dari aku yang bisa kamu coba!
Jangan lupa, kalo pengen jadi penyiar radio, ambillah setiap kesempatan yang ada. Perbanyak relasi, informasi, dan pengalaman baru!
Semoga dapat membantu ya 😊
Semangaaaaaatttt!


Bonus dokumentasi pribadi hehe :

Penyiar Radio
Bikin seneng kan kalo kerja kaya gini? happy, dengerin musik tiap hari!


Tips Mudah Menjadi Penyiar Radio
Menjadi penyiar radio kamu bisa ketemu orang-orang hebat loh! salah satunya si Spiderman!

Tips Mudah Menjadi Penyiar Radio

Penyiar Radio+Pers = Nikmat!

Komentar

  1. Butuh Pede dan Wawasan Luas dan cus.. Bisa deh jadi Penyiar Radio πŸ˜‚πŸ˜‚

    Nice Info dan Lanjutkan! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaap betul sekali, yuk kita belajar sama-sama hehe

      Hapus
  2. Wahh kak sangat informatif sekali😁 Tp aku blm punya rasa pede yg besar😒

    BalasHapus
  3. Kalau gimana cara nya kerja jadi penyiar radio? Ada lowongan kah? 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan contact aku ya buat informasi lebih lanjut hehe ada di kolom keep in touch :)

      Hapus
  4. Penyiar favorit aku nih😍

    BalasHapus
  5. Eh gue mau dong ngelamar jadi penyiar radio

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, silakan hubungi aku lebih lanjut ya kak. ada di kolom keep in touch. thankyou! :)

      Hapus
  6. Mau dong di ajarin cara jadi penyiar radio kak

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. semangat kak! semoga infonya membantu yah :)

      Hapus
  8. Seru kali ya jd penyiar. Enjoy bgt kayaknya

    BalasHapus

Posting Komentar