Berkunjung ke Perpustakaan Rimba Baca Yuk!


Katanya, Indonesia adalah negara yang minat bacanya rendah. Masa sih? Wah kalo begitu, sedari kecil harus dibiasakan untuk gemar membaca dong supaya hal tersebut menjadi kebiasaan di masyarakat Indonesia. Salah satu cara untuk mendukung minat baca yaitu dengan adanya perpustakaan yang beragam di sekeliling kita. Ada Perpustakaan Keliling, Perpustakaan Anak, Perpustakaan Umum dan lain sebagainya. Nah, kali ini saya akan mengulas satu perpustakaan anak yang hits yang ada di Jakarta Selatan. Perpustakaan apa ya? Simak yuuuk!





PERPUSTAKAAN RIMBA BACA


Perpustakaan Rimba Baca


Awal mula terbentuknya Perpustakaan Rimba Baca ini adalah karena rasa cinta sang empunya perpustakaan ini terhadap buku, owner dari perpustakaan rimba baca yang bernama Fitriana Suziani juga memiliki koleksi buku yang lumayan banyak. Akhirnya karena kecintaannya pada buku dan anak-anak, pada tahun 2014 mulai terbesit untuk membangun perpustakaan anak agar kecintaanya dan hobinya lebih bermanfaat untuk orang lain di sekitarnya. Pada tahun tersebut, tidak hanya sebatas wacana saja, sang owner mewujudkan rencana tersebut dengan membangun gedung perpustakaan di samping rumahnya, tepatnya di perumahan RSPP Cilandak, di belakang Rumah Sakit Fatmawati. Lokasi ini bisa dibilang sangat strategis karena dengan mudah dijangkau melalui kendaraan pribadi atau umum.

Sedikit cerita, sebelum menjadi rimba baca, perpustakaan ini masih berbentuk lahan kosong. Kemudian disulap menjadi sebuah perpustakaan anak dengan 2 lantai yang unik dan modern.


Perpustakaan Rimba Baca

Gedung Perpustakaan Rimba Baca bernuansa homie yang mengedepankan sisi nyaman layaknya kita berada di dalam rumah. Mungkin karena memang letaknya yang berada di dalam perumahan jadi sang owner sengaja untuk mendesain gedung dan tata ruangnya seperti rumah pada umumnya.


Perpustakaan Rimba Baca


Ketika kita masuk ke ruang utama, terdapat rak yang dibuat tinggi ke atas karena melihat ukuran gedung perpustakaannya yang tidak terlalu besar. Ruangan yang ada di Perpustakaan Rimba Baca meliputi, ruang baca, babies corner, art room yang disediakan untuk kegiatan kerajinan tangan, musholla, ruang tunggu, ruang menyusui, ruang koleksi komik, 2 toilet, dan taman kecil di belakang.
Perpustakaan Rimba Baca


Perpustakaan Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca


Sedangkan di lantai kedua, tersedia ruang koleksi untuk orang dewasa, ruang koleksi komik dan toilet. Walaupun ini merupakan perpustakaan anak, namun sang owner berpikir jika anak-anak tidak mungkin berpergian sendiri dan pasti ada pendampingnya, bisa jadi orang tua, kakak, saudara dan lainnya. Oleh sebab itu, pada lantai dua lebih dominan koleksi untuk orang dewasa. Koleksi yang disediakan juga bervariasi, ada novel bahasa Inggris, novel bahasa Indonesia, komik, buku tentang dunia parenting, cooking, biografi, koleksi politik, koleksi fotografi dan banyak lainnya. Jenis koleksi untuk orang dewasa kebanyakan mengenai seni dan hiburan. Dan untuk koleksi yang ada di lantai pertama, semuanya adalah buku anak-anak. Jenisnya sangat beragam, ada buku dongeng, buku mewarnai, novel, majalah anak-anak dan masih banyak buku edukatif lainnya.

Perpustakaan Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca

Dalam menata koleksinya, Perpustakaan Rimba Baca mengategorikan koleksinya berdasarkan usia. Seperti, Koleksi Kids 0-3 Tahun, Kids 4-8 Tahun, dan Kids 9-12 Tahun. Perpustakaan Rimba Baca ini juga menganut sistem open access, dimana pengunjung dapat mencari langsung di rak koleksi yang ia mau baca. Jadi cocok banget buat kalian yang ingin mengajak buah hati mengeksplore koleksi di perpustakaan ini.


Perpustakaan Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca

Selain koleksi berupa buku, rasanya kurang pas jika di perpustakaan anak tidak ada hal yang berbau dengan anak-anak seperti mainan & wahana anak. Di Perpustakaan Rimba Baca ini banyak sekali mainan-mainan anak, seperti mainan edukatif untuk melatih membaca, menulis dan berhitung. Kemudian ada boneka, boneka topi, boneka tangan, boneka besar yang sangat halus dan lucu. Selain itu, disediakan pula sofa anak yang sangat empuk, kursi kecil, matras lembut yang unik, kandang kelinci, ayunan dan AC sebagai pelengkap. Semua kelengkapan sarana dan prasarana yang ada di perpustakaan ini tentunya akan berpengaruh terhadap minat kunjungan dari pemustaka. Apalagi untuk anak-anak, mereka pasti akan nyaman bermain sambil belajar di perpustakaan ini dan juga sang anak akan merasa enjoy seperti sedang berada di rumah.


Perpustakaan Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca

     Selain kelengkapan mainan edukatif, perpustakaan ini juga aktif melakukan kegiatan literasi informasi dengan acara kegiatan-kegiatan yang terangkai. Contohnya, kegiatan arts seperti menggambar, melukis, mewarnai dan kerajinan tangan serta kegiatan olah fisik anak seperti yoga untuk anak-anak, kegiatan mendongeng dan juga story telling.


Perpustakaan Rimba Baca

Perpustakaan Rimba Baca

Terus berapa biayanya untuk mengunjungi perpustakaan rimba baca? Untuk sekali mengunjungi perpustakaan ini, pengunjung non member dikenakan biaya Rp. 30.000/anak dan Rp. 5.000 untuk pendampingnya. Sedangkan jika member, pengunjung dapat berkunjung ke perpustakaan ini kapan saja dan dapat meminjam buku yang tersedia. Untuk menjadi member dikenakan biaya Rp. 375.000/tahun per satu keluarga.

Kalau kalian mau jadi member, caranya gampang banget! Dengan  mengisi formulir dan membayar biaya administrasi pemustaka kalian sudah official menjadi member dan dapat meminjam koleksi di sana. Dengan harga yang relatif murah, koleksi yang lengkap, acara yang seru, tidak heran jika saat ini member dari Perpustakaan Rimba Baca sudah mencapai ≥500 orang.

Berminat ? Yuk langsung aja kunjungi Perpustakaan Rimba Baca di Jalan Intan RSPP No. 21B RT. 11 RW. 02 Cilandak Bar., Cilandak, Jakarta Selatan. 12430 


Perpustakaan Rimba Baca

Komentar

  1. Keren baru tau. Nih. Makasih infonya Qowala.😃

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Nona Mymzu. Semoga bermanfaat ya! Ajak keponakan yaa main ke perpus rimba baca :)

      Hapus

  2. Wah seru juga ya. Tapi kalo baca di tempat bayar juga ga kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo mas perginya sama saya mah gratis mas. Wkwk

      Hapus
    2. Yaudah kalo gitu besok berangkat bareng kita kak hehe

      Hapus
  3. Awesome bgtbgt, sayangnya jauh dri rumah saya😥

    BalasHapus
  4. Wah bagus banget perpustperpu kaya gini kreatif! Bisa meningkatkan minat dan mood baca :-) bolae lah kalo ada waktu senggang berkunjung kesana

    BalasHapus
  5. Perpustakaan anak2 :o

    Wah pasti pustakawannya sabar-sabar dan telaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, harus sabar, telaten, dan sayang sama anak-anak

      Hapus

Posting Komentar